Jumat, 17 Februari 2017

Dampak Buruk Kebiasaan Membersihkan Telinga !!

Banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga setuju bahwa menggunakan batang korek api, jari, dan cotton bud untuk membersihkan telinga bisa berdampak buruk, salah satunya bisa menyebabkan cedera ringan dalam telinga.


Sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihentikan, ada enam fakta kenapa cotton bud bisa berdampak buruk bagi telinga seperti dilansir Boldsky diantaranya :

Fakta 1
Kotoran telinga justru mengandung sifat antibakteri, fungsinya untuk mencegah beberapa jenis infeksi. Jika kotoran ini dibersihkan terlalu sering, justru buruk bagi telinga.

Fakta 2
Kotoran telinga juga merupakan penolak serangga yang mungkin masuk ke dalam telinga.

Fakta 3
Kotoran telinga menjaga saluran telinga agar tetap dilumasi. Jika tidak daerah telinga menjadi kering dan dapat berubah menjadi gatal.

Fakta 4 
Terlalu sering menggunakan Cottonbud bisa membahayakan gendang telinga karena bisa pecah, dalam beberapa kasus juga menyebabkangangguan pendengaran

Fakta 5
Faktanya telinga tahu cara menghapus lilin atau kotoran dengan sendirinya. gerakan otot rutin diwajah membantu telinga untuk memindahkan kotoran lilin keluar. Misalnya, saat menguap atau berbicara atau menggerakan otot-otot wajah.

Fakta 6
Jika terus membersihkan telinga dengan Cottonbud dapapt menyakiti bagian sensitif didalam telinga dan juga dapat menyebabkan infeksi.

Banyak orang sering salah dalam membersihkan telinga, saat telinga gatal, jangan sampai membersihkan menggunakan jari. Terlalu sering menggunakan gulungan kapas atau Cottonbud juga akan berdampak buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar dengan bahasa yang sopan ya !